Minggu, 16 Desember 2012




AZAS-AZAS PEMBELAJARAN DI TK
A.    Azasapersepsi

Kegiatan mental anakdalammengelolahhasilbelajardipengaruhiolehpengetahuandanpengalaman yang telahdimilkisebelumnya.Olehsebabitu, pembelajaran yang dilakukan guru hendaknyamemperhatikanpengetahuandanpengalamanawal agar anakbisamencapaihasilbelajarsecara optimal.

B.    Azaskekongritan

Melaluiinteraksidenganobjek-objeknyatadanpengalamankongkrit, pembelajranperlumenggunakanberbagai media dansumberbelajara agar apa yang dipelajarianakmenjadilebihbermakna, misalnyamenggunakangambarbinatanguntukmempelajaribinatang, membawabinatang (hidup) kedalamkelas, menggunakan audio visual tentangbanjiruntukmempelajritantang air dan lain-lain.

C.   Azasmotivasi

Belajarakan optimal jikaanakmemilikidoronganuntukbelajar. Olehsebabitupembelajaranhendaknyadirancangsesuaidengankebutuhan, minat, dankemauananak.Misalny, memberikanpenghargaankepadaanak yang berprestasidenganpujianatauhadiah, memajangsetiapkaryaanak di kelas, lombaantarkelompok, melibatkansetiapanakpadaberbagaikegiatanlombadankegiatantksertamelakukan pecan kemampuananak.

D.   AsasKemandirian&AsasKerjasama

Kemandiriandankerjasamamerupakanupaya yang dimaksudkanuntukmelatihanakdalammemecahkanmasalahnyasertamengembangkanketerampilansosial .Olehsebabitu, pembelajaranhendaknyadirancanguntukmengembangkankemandiriandanketrampilansosialanak, misalnyatatacaramakan, menggosokgigi, memakaibaju, melepasdanmemakaisepatu, buang air kecildanbuang air besar, merapikanmainansetelahdipakai, dan lain-lainKemandirianmerupakanupaya yang dimaksudkanuntukmelatihanakdalammemecahkanmasalahnya. Olehsebabitu, pembelajaranhendaknyadirancanguntukmengembangkankemandiriananak, misalnyatatacaramakan, menggosokgigi, memakaibaju, melepasdanmemakaisepatu, buang air kecildanbuang air besar, merapikanmainansetelahdipakai, dan lain-lain.
Kerjasamamenjadiasaskarenadenganbekerjasamaketerampilansosialanakakanberkembang optimal. Olehsebabitu, pembelajaranhendaknyadirancanguntukmengembangkanketerampilansosialanak, misalnyabertanggungjawabterhadapkelompok, menghargaipendapatanaklain,aktifdalamkerjakelompok, membantuanaklain, dan lain-lain.


E.    AsasIndividualisasi

Karenasetiapanakitubersifatunik, berbedadengananak yang lain, makapembelajaranhendaknyamemperhatikanperbedaanindividu, misalnyaperbedaanlatarbelakangkeluarga, perbedaankemampuan, perbedaanminat, perbedaangayabelajar, dan lain-lain agar anakmencapaihasilbelajarsecara optimal.

F.    AsasKorelasi&AsasBelajarSepanjang Hayat

Korelasimerupakanpengembanganaspek yang satudenganaspek yang lainsalingberkaitan, danberlangsungsepanjanghayat, dananakbelajartidakhanyaberlangsung di TK tetapisepanjanghayatanak. Sehinggadiupayakanuntukmembekalianak agar bisabelajarsepanjanghayatdanmendoronganakselaluingindanberusahakapanpundandimanapun..
Korelasimenjadiasaskarenaaspekpengembangandirianak yang satudenganaspekpengembangandiri yang lainsalingberkaitan. Olehsebabitupembelajaran di TK dirancangdandilaksanakansecaraterpadu.Misalnyaperkembanganbahasaanakberkaitaneratdenganperkembangankognitif, perkembangankognitifanakberkaitaneratdenganperkembangandiri, dan lain-lain.
Belajarsepanjanghayatmenjadiasaskarena proses belajaranaktidakhanyaberlangsung di TK tetapisepanjanghayatanak. Olehsebabitu,pembelajaran di TK hendaknyadiupayakanuntukmembekalianakagarbisabelajarsepanjanghayatdanmendoronganakselaluingindanberusahabelajarkapan pun dan di mana pun












Daftarpustaka



.


0 komentar:

Posting Komentar