AZAS-AZAS PEMBELAJARAN DI TK
A.
Azasapersepsi
Kegiatan mental anakdalammengelolahhasilbelajardipengaruhiolehpengetahuandanpengalaman
yang telahdimilkisebelumnya.Olehsebabitu, pembelajaran yang dilakukan guru
hendaknyamemperhatikanpengetahuandanpengalamanawal agar
anakbisamencapaihasilbelajarsecara optimal.
B.
Azaskekongritan
Melaluiinteraksidenganobjek-objeknyatadanpengalamankongkrit,
pembelajranperlumenggunakanberbagai media dansumberbelajara agar apa yang
dipelajarianakmenjadilebihbermakna, misalnyamenggunakangambarbinatanguntukmempelajaribinatang,
membawabinatang (hidup) kedalamkelas, menggunakan audio visual
tentangbanjiruntukmempelajritantang air dan lain-lain.
C.
Azasmotivasi
Belajarakan optimal
jikaanakmemilikidoronganuntukbelajar.
Olehsebabitupembelajaranhendaknyadirancangsesuaidengankebutuhan, minat,
dankemauananak.Misalny, memberikanpenghargaankepadaanak yang
berprestasidenganpujianatauhadiah, memajangsetiapkaryaanak di kelas,
lombaantarkelompok,
melibatkansetiapanakpadaberbagaikegiatanlombadankegiatantksertamelakukan pecan
kemampuananak.
D.
AsasKemandirian&AsasKerjasama
Kemandiriandankerjasamamerupakanupaya
yang
dimaksudkanuntukmelatihanakdalammemecahkanmasalahnyasertamengembangkanketerampilansosial
.Olehsebabitu,
pembelajaranhendaknyadirancanguntukmengembangkankemandiriandanketrampilansosialanak,
misalnyatatacaramakan, menggosokgigi, memakaibaju, melepasdanmemakaisepatu,
buang air kecildanbuang air besar, merapikanmainansetelahdipakai, dan lain-lainKemandirianmerupakanupaya
yang dimaksudkanuntukmelatihanakdalammemecahkanmasalahnya. Olehsebabitu,
pembelajaranhendaknyadirancanguntukmengembangkankemandiriananak,
misalnyatatacaramakan, menggosokgigi, memakaibaju, melepasdanmemakaisepatu,
buang air kecildanbuang air besar, merapikanmainansetelahdipakai, dan
lain-lain.
Kerjasamamenjadiasaskarenadenganbekerjasamaketerampilansosialanakakanberkembang
optimal. Olehsebabitu,
pembelajaranhendaknyadirancanguntukmengembangkanketerampilansosialanak,
misalnyabertanggungjawabterhadapkelompok,
menghargaipendapatanaklain,aktifdalamkerjakelompok, membantuanaklain, dan
lain-lain.
E.
AsasIndividualisasi
Karenasetiapanakitubersifatunik,
berbedadengananak yang lain,
makapembelajaranhendaknyamemperhatikanperbedaanindividu,
misalnyaperbedaanlatarbelakangkeluarga, perbedaankemampuan, perbedaanminat,
perbedaangayabelajar, dan lain-lain agar anakmencapaihasilbelajarsecara
optimal.
F.
AsasKorelasi&AsasBelajarSepanjang
Hayat
Korelasimerupakanpengembanganaspek
yang satudenganaspek yang lainsalingberkaitan, danberlangsungsepanjanghayat,
dananakbelajartidakhanyaberlangsung di TK tetapisepanjanghayatanak.
Sehinggadiupayakanuntukmembekalianak agar
bisabelajarsepanjanghayatdanmendoronganakselaluingindanberusahakapanpundandimanapun..
Korelasimenjadiasaskarenaaspekpengembangandirianak
yang satudenganaspekpengembangandiri yang lainsalingberkaitan. Olehsebabitupembelajaran
di TK
dirancangdandilaksanakansecaraterpadu.Misalnyaperkembanganbahasaanakberkaitaneratdenganperkembangankognitif,
perkembangankognitifanakberkaitaneratdenganperkembangandiri, dan lain-lain.
Belajarsepanjanghayatmenjadiasaskarena
proses belajaranaktidakhanyaberlangsung di TK tetapisepanjanghayatanak.
Olehsebabitu,pembelajaran di TK
hendaknyadiupayakanuntukmembekalianakagarbisabelajarsepanjanghayatdanmendoronganakselaluingindanberusahabelajarkapan
pun dan di mana pun
Daftarpustaka
0 komentar:
Posting Komentar